Alat Peraga Edukatif
Berikut ini merupakan pembahasan soal tentang APE (Alat Peraga Edukatif)
Gambar Alat Peraga Edukatif
Sumber : www.kompasia.com
1. Apa yang dimaksud dengan APE tiga dimensi, sebutkan 5 macam APE tiga dimensi berikut fungsinya ?
Ø APE (Alat Peraga Edukatif) adalah alat peraga yang mempunyai bentuk nyata atau berupa miniatur yang bisa dilihat dari beberapa sudut pandang, mempunyai volume dan isi
Misalnya : miniatur rumah, masjid, pura, gereja, wihara, balok-balok, kubus, bola.
Ø 5 macam APE tiga dimensi
1. Miniatur Masjid
2. Miniatur rumah tempat tinggal
3. Panggung boneka
4. Balok-balok membangun
5. Area memasak
Ø Fungsinya :
APE berfungsi untuk menciptakan situasi belajar/pembelajaran secara aktif dan efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diskenariokan.
2. Apa yang dimaksud Media Pembelajaran juga sebagai Sumber Pembelajaran?
Ø Media pembelajaran adalah
- Alat pelengkap untuk membuat lebib jelas tentang apa yang disajikan guru dalam pembelajaran.
- Alat yang sangat berguna untuk menonjolkan persoalan agar dipelajari atau di kaji dan dipecahkan dalam proses pembelajaran.
Ø Sumber belajar
Sesuatu yang memuat bahan ajar atau untuk memperoleh informasi yang diperlukan siswa baik secara individu maupun kelompok.
Ø Media pembelajaran juga disebut sebagai sumber belajar adalah :
Suatu media atau alat peraga yang memuat sebagai bahan ajar dan untuk memperoleh informasi kreatif yang diperlukan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan oleh guru atau penyaji.
Misalnya : Kertas lipat, balok-balok majemuk, macam-macam bangun geometri, pewarna cair, bak air dll.
3. Sebutkan lima macam sember belajar yang ada disekolah!
Lima macam sumber belajar yang ada di lingkungan sekolah
1. Kebun sekolah
2. Bak air
3. Bak pasir
4. Perpustakaan sekolah
5. Ruang sudut
4. Apa yang dimaksud dengan media mengurangi verbalisme dan meningkatkan kreatifisme?
Ø Yang dimaksud media mengurangi verbalisme
Tingkat perkembangan anak usia dini dalam belajar adalah bermain dengan benda-benda yang ada dalam lingkunganya, artinya dia belajar secara kongkrit dengan benda nyata, dengan meraba, merasa, memandang, dan mendengar, dengan demikian anak akan memperoleh pengetahuan, pengalaman secara kongkrit dan nyata sesuai yang dialami dalam bermain.
Ø Media meningkatkan kreatifisme.
Media/alat peraga pembelajaran sebagai sumber anak dan berkreasi dalam ilustrasi dan imajinasi pada waktu anak bermain dengan media yang ada, contoh :
- Dengan balok-balok anak akan berusaha berkreasi membuat sebuah bangunan
- Dengan kertas anak dapat berkreasi membuat bentuk lipatan pesawat terbang dan apabila dilempar kertas akan bisa terbang.
- Dengan plastisin, play do, dan bak pasir anak akan berkreasi membetuk yang diinginkan sesuai kemampuannya.
5. Apa yang dimaksud bahwa media pembelajaran mengatasi ruang dan waktu ?
Ø Media pembelajaran mengatasi ruang dan waktu mengandung maksud :
- Media harus jelas baik bentuk, manfaat, fungsi, tujuan dan penggunaannya memenuhi 5 aspek perkembangan anak.
- Media yang digunakan baik klasikan/ kelompok dan individu harus bisa memenuhi kebutuhan baik secara individu maupun secara kelompok.
- Media yang digunakan tidak menimbulkan kejenuhan bagi anak atau siswa.
- Bahan atau media yang digunakan awet, tidak mudah rusak, cepat busuk, berbau dan membahayakan bagi anak (aman dan nyaman dalam penggunaan)
Ø Dengan menggunakan media pembelajaran maka :
- Kegiatan pembelajaran akan lebih menarik
- Menumbuhkan motivasi belajar siswa.
- Memungkan siswa lebih memahami bahan ajar yang disajikan guru.
- Dapat menguasai tujuan pembelajaran.
- Metode pembelajaran jadi lebih bervariasi dan tidak monoton, sehingga tidak cepat bosan dan lelah.
- Kegiatan akan lebih diperkaya karena dimungkinkan adanya fasilitas yang dapat mengakomodasi kebutuhan.
- Membuat suasana yang lebih menyenangkan dan memutus kejenuhan serta kebosanan siswa.
Video Alat Peraga Edukatif