Cara Mengisi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan 2018

Cara Daftar Hadir Online Guru dan Tenaga Kependidikan

Assalamu'alaikum wr wb dan salah sejahtera bagi sobat operator semu. Dalam kesempatan kali ini saya ingin mengucapkan terima kasih atas kunjungannya di blog sobatops.com. Pada pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tutorial  Cara Mengisi Daftar HadirGuru dan Tenaga Kependidikan, perlu sobat operator ketahui bahwa situs web informasi data  kehadiran guru dan tenaga kependidikan adalah aplikasi pencatatan kehadiran secara online untuk  guru dan  tenaga kependidikan lainnya   di   sekolah   negeri   dan   sekolah  swasta  yang di seluruh tanah air Indonesia.

Segala bentuk kegiatan  pencatatan  data   kehadiran  dilakukan  oleh  sekolah  yang   terhubung  dengan internet secara langsung. Proses pencatatan kehadiran untuk  versi awal dapat dilakukan secara harian dan bisa juga dilakukan mingguan atau  bulanan. Agar dapat melakukan rekam data  kekadiran guru  kedalam sistem, ada  dua  user yang dapat digunakan sebagai akses kedalam sistem :

  1. Login dengan userid kepala sekolah
  2. Login dengan userid operator dapodik

User dan Password  tersebut  ter update  datanya  secara  langsung  berasal dari A dapodik (baik Dapodikdasmen maupun Dapodikpaud.) Apabila ingin melakukan perubahan User dan Password dapat dilakukan melalui aplikasi dapodik pada instansi masing-masing.

Perubahan  User dan   password  pada aplikasi dapodik akan  diterapkan pada situs atau sistem Data  Hadir Guru dan  Tenaga Kependidikan setelah  aplikasi dapodik di syncron.  Maka data  pengguna  akan   terupdate  di  sistem   Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan DHGTK kurag lebih  2 (dua) hari  syncron berhasil .

Pada situs atau sistem Aplikasi  DHGTK terdapat tiga  menu  utama yaitu
  1. Beranda;  
  2. Kehadiran; 
  3. Keluar Aplikasi.

Agar lebih jelas perhatikan gambar berikut ini 
Menu utama DH-GTK
Menu utama Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan
Sumber : Buku panduan  DH-GTK
Penjelasan
1. Beranda
Pada  menu  beranda terdapat sub menu  yaitu :
a.   Profil sekolah (1)
b.   Data Pengguna (2)
c.   Visual Siklus Pekerjaan sebelum dan sesduah terbit SKTP (3)
Menu Beranda Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan
Menu Beranda Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan
Sumber Buku Panduan DH-GTK
2. Kehadiran
Pada  menu  Kehadiran terdapat sub menu  meliputi :
a.   Data Sekolah (1)
b.   Data Guru Dan tenaga Kependidikan (GTK) (2)
Menu Kehadiran Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan
Menu Kehadiran Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan
Sumber Buku Panduan DH-GTK
c.   Tampilan informasi Kehadiran (3)
informasi kehadiran
informasi kehadiran
Sumber Buku Panduan DH-GTK
Pada tampilan   Menu  “Data  sekolah”  terdapat  (1)  Profil  Sekolah  dan   (2) Kalender Sekolah, seperti gambar dibawah ini :
menu data sekolah
menu data sekolah
Sumber Buku Panduan DH-GTK
Keluar Aplikasi
Menu  ini  digunakan  jika  pengerjaan  atau   mengisi  kehadiran  GTK telah selesai, sehingga untuk  keluar dari aplikasi maka  tinggal klik tombol “Keluar dari Aplikasi”
menu keluar aplikasi
menu keluar aplikasi
Sumber Buku Panduan DH-GTK
Bagaimana sobat ops, sudah memahami tentang situs atau sistem Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan? Penting untuk memahami tentang menu-menu pada tampilan situs Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan.

Cara Mengisi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan 2018
Peran  dan Tangggung Jawab Pengerjaan Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan.

Sedikit disinggung bawah peran dan tanggung jawab dalam hal input data Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan agar tidak terjadi kesalah pahaman dikemudian hari.

Peran dan Tanggung Jawab sebagai Kepala Sekolah

Jabatan sebagai Kepala  sekolah  merupakan manajer pada satuan pendidikan  yang dipimpinnya, maka  terkait dengan adanya Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) yang  dikeluarkan oleh Dirgen GTK, maka  kepala sekolah seharusnya segera untuk:
  • Mengalokasikan   pembiayaan   (dana    BOS)  untuk   pelaksanaan  DHGTK (karena dilaksanakan secara full online)
  • Menunjuk  atau  menugaskan petugas khusus untuk  melakukan pengerjaan absen online ini baik dari Operator  sekolah maupun dari GTK yang  ada  di satuan pendidikan dengan disertai surat penugasan dari kepala sekolah.
  • Segera  melakukan  sosialisasi  kepada  para   GTK di  lingkunagn  satuan pendidikannya terkait dengan adanya absen online (DHGTK) yang berkaitan langsung dengan pemberi tunjangan profesi.
  • Setiap   bulan  atau   pertriwulan  kepala  sekolah  mencetak  SPJTM   untuk mengunci kehadiran GTK
  • Melaksanakan   pengisian    DHGTK  dengan   sebenar-benarnya    dengan menjungjung tinggi kejujuran dalam mengisi kehadiran GTK
  • Memantau dan mengevaluasi petugas absen online (DHGTK) setiap hari

Sumber : Buku panduan Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan

Peran dan Tanggung Jawab sebagai Petugas Absen (Operator/Petugas Khusus)

Entah perasaan senang atau gembira atau sedih jika anda ditunjuk sebagai Operator Sekolah?
Mengingat begitu banyak tugas yang harus dikerjakan dan sangat menyita waktu, namun jerih payahnya belum begitu dihargai.

Berikut ini adalah Peran  dan tanggung jawab dari petugas absen yang harus benar benar dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab :
  • Segera melaksanakan tugas yang diberikan kepala sekolah sesuai dengan surat tugas yang diberikan
  • Mengisi daftar  hadir GTK setiap hari dengan asas Kejujuran dan tanggung jawab
  • Melakukan  komunikasi  dan  koordinasi  dengan kepala  sekolah  dan  GTK terkait proses pelaksanaan pengisin DHGTK
  • Memberikan   laporan   kepada  kepala   sekolah   terkait   dengan  proses pelaksanaan dan pengisisn DHGTK

Kalau pedih kucek mata dulu, silahkan break sebentar sambil ngerokok atau minum kopi

Note
Guna kelancaran dalam melaksanakan tugas Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan gunakan Browser internet paling terbaru, browser yang dapat digunakan Mozilla Firefox,   Google  Chrome,    Opera, Comodo, UC Browser.  Rekomendasi dianjurkan untuk menggunakan Google Chrome.

Cara Mengisi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan 2018

Cara Mengisi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan

Login Sim Kehadiran Guru Sebagai  Kepala Sekolah
1.  Klik link : http://223.27.144.195:2017/index.php
2.  Setelah  Mengunjungi  alamat  di  atas klik “LOGIN SEKOLAH”
Login sekolah
Login sekolah
3. Tunggu hingga muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini
login sim kehadiran guru dan tenaga kependidikan
login sim kehadiran guru dan tenaga kependidikan
Keterangan :
  • Masukkan data identitas 
  • Ketik NPSN Sekolah anda, Contoh ; 12345678
  • Masukan  userid   Kepala   sekolah yang   sudah  terinput   di   Aplikasi Dapodik. Contoh: aaaaaabbbb@gmail.com
  • Masukan Pasworrd yang sudah di input di dapodik, Contoh : ********
  • Masukan    kode     sesuai     yang tertulis (silahkan klik tombol reload jika gambar tidak jelas)

4. Klik Tombol “LOGIN”

Semoga betah membacanya, jangan di scrool langsung kebawah pahami setiap point-pointnya, agar tidak tersesat dijalan. 

Apabila berhasil login maka  akan  bertemu dengan visual seperti gambar di bawah ini. Pada  visual ini meliputi beberapa fitur meliputi :

  • Beranda
  • Kehadiran
  • Keluar Aplikasi
  • Siklus Pekerjaan sebelum dan sesudah terbit SKTP

 Tampilan DH-GTK setelah berhasil Login
 Tampilan DH-GTK setelah berhasil Login
Pada  Menu Beranda tedapat sub menu  :
  • Profil Sekolah
  • Kunci dan Buat SPTJM
  • Data Pengguna

Cara Mengisi atau membuat Kalender Sekolah pada Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan

Langkah setelah berhasil login adalah membuat kalender sekolah, kita terlebih dahulu harus mengklik tombol atau menu "Kehadiran" lihat gambar diabwah ini :
klik tombol kehadiran
klik tombol kehadiran
pengaturan kalender DHGTK
pengaturan kalender DHGTK

Cara  Membuat atau Menambah Kalender Sekolah di situs DHGTK

Cara  membuat atau menambah kalender sekolah maka tahapan yang harus di lakukan adalah:
  • Klik “Kehadiran”
  • Perhatikan Data Sekolah
  • Perhatikan Kalender Sekolah
  • Jika Belum ada kalendernya maka  klik “Tambah Baru”
  • Setelah klik “tambah  baru” maka  akan muncul form isian membuat kalender.
  • Kemudian buatlah kalender sekolah sesuai dengan kalender yang digunakan

Contoh Membuat Kalender Sekolah :
1. Misalnya membuat tanggal 1 Januari 2018  itu Libur maka  tahapannya adalah sebagai berikut.
Perhatikan Form Tambah Kelender di bawah ini :
Cara  membuat atau menambah kalender sekolah
Cara  membuat atau menambah kalender sekolah pada situs DHGTK
2. Setelah terisi Jenis Libur, dan  Mulai Tanggal-Sampai Tanggal, maka  tulis
Keterangan liburnya.
Tahapan berikutnya    Klik  Simpan  dan  Ok. Maka  akan  tampil  seperti pada  gambar berikut
jenis libu pada kalender DHGTK
3. Jika    mau    membuat   kalender    sekolah    lainnya    maka     tahapan pembuatannya sama dengan poin 1-2 di atas
4. Pada   pembuatan kalender  ada  perintah  Tambah  Baru,  Hapus  Semua, dan  Tampilkan  Template.    Fungsi  dari  masing-masing  tab   tersebut adalah:
Tambah baru  untuk membuat kalender yang baru.
Hapus semua untuk  menghapus  seluruh kalender  sekolah  yang telah dibuat.
5. Tampilkan Template itu dibuat oleh Operator  Dinas Prov/Kab/Kota
6. Kalender ini berfungsi untuk menandai hari kerja dan libur pada  absen/saat mengisi kehadiran


Cara Mengisi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan

Klik Menu “Kehadiran”, maka  akan Muncul gambar seperti dibawah ini :
Cara Mengisi Daftar Hadiri Guru dan Tenaga Kependidikan
Cara Mengisi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan

Setelah  melihat  tampilan  seprti gambar diatas,  maka  yang  harus di  lakukan adalah sebagai berikut :
1.  Langsung menuju  ke informasi kehadiran
informasi kehadiran
informasi kehadiran
2.  Pilih semester yang berjalan
semester aktif pada DHGTK
Setelah di pilih maka  tentukan semester yang berjalan. Ada dua istilah dalam semester ini :
1.   20171  (Juli-Desember 2017) artinya semester 1 tahun pelajaran 2017-2018
2.   20172  (Janurai-Juni 2018) artinya semester 2 tahun pelajaran 2017-2018
Gambar diatas adalah contoh mungkin ketika sobat mengakses tampilan sudah tidak sama.
3.  Kemudian Pilih Bulan yang berjalan saat ini.
Harus diperhatikan dalam bulan yang berjalan itu sangat penting karena untuk  menentukan bulan yang  berjalan, dan bisa  di  isi  daftar   hadirnya  dan  tersimpan.  Karena jika bulan yang  dipilih bukan  bulan yang  berjalan maka  hasil pengsiannya tidak tersimpan.
4.  Setelah menentukan Semester dan  Bulan, selanjutnya kita menuju  ke tab membuat daftar  hadir.
Klik menu  “Buat daftar  hadir” maka  akan muncul notifikasi seprti ini
tampilan daftar kehadiran DHGTK
tampilan daftar kehadiran DHGTK
Setelah  muncul  pemberitahuan   seperti contoh   gambar  diatas  maka    klik tombol   “OK”  dan selanjutnya klik menu  simpan dan refersh.




Cara Mengisi Daftar Hadir Guru Online di Login Sim Kehadiran Guru
Kalau  sudah  terbentuk formatnya Kehadiran tugas kita adalah  tinggal  mengisi  sesuai kondisi nyata  di lapangan  (ini merupakan tugas berat, antara kejujuran dan juga kemanusiaan) silahkan mempertanggungjawabkan sendiri,  :
  1. Jika dinyatakana hadir maka  lakukan “Chelklist” pada format absen Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan
  2. Jika dinyatakan tidak hadir maka  lakukan “Uncheklist” pada form absen Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan
  3. Dampak  “uncheklist”   warna  yang  tampil akan  berbeda sesuai dengan ketarangan absen GTK yang bersangkutan.
  4. Jika ingin mengetahui rekap absen setiap GTK dan datanya maka  caranya adalah dengan mengklik nama GTK pada  Form Absen Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan.


Sudah setengah perjalanan sob, kalian membaca tutorial Cara Mengisi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan,   berhenti dulu kalau capek ...!!!

Cara Mengisi Surat Izin, Surat Dinas Luar dan Surat Keterangan Sakit pada Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan secara online

Mengisi Surat Izin pada sistem Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan
langkah mengisi Surat izin, Surat  Dinas luar dan Surat Keterangan Sakit adalah dengan cara sebagai berikut:
1.  Pilih nama GTK di Form Absen/ Kehadiran
2.  Kemudian pilih menu (input Surat izin)
3.  Maka akan tampil form isian input surat izin
4.  Isilah tabel surat izin sesuai permintaan form
5.  Setelah terisi maka pilih Tombol “SIMPAN” dan klik “OK”
6.  Kemudaian lakukan reload web atau tekan F5 klik tombol
Cara Mengisi surat ijin  Daftar Hadir  Guru dan Tenaga Kependidikan
Tampilan Setelah di isi surat izin adalah sebagai berikut
Warna yang tampil di form kehadiran akan sesuai dengan izin yang dimaksud,  seperti sakit, tugas luar, dan izin.
Tampilan Setelah di isi surat izin
Tampilan Setelah di isi surat izin

Mencetak SPTJM pada Sistem  Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan

Apa itu SPTJM?
SPTJM  adalah surat pertanggung jawab mutlak.
Untuk dapat mengunci  menu Kehadiran dilakukan perbulan atau  pertriwulan tergantung pada sahabat ops.
Tombol menu  Cetak  SPTJM  akan terlihat setelah  memilih Menu “Kehadiran”

Apabila sudah muncul surat pertangung jawab mutlak maka kepala sekolah wajib menentukan pilihan untuk  mengunci daftar  hadir pada  bulan yang telah dilalui dan di entri datanya.
Beri tanda centang  (√)  pada  Kotak dialog saya setuju dan   pada   kunci   daftar   hadir.  Jika   itu  dilakukan  maka   secara otomatis absen pada  bulan tersebut sudah terkunci  tidak bisa di isi kembali (diperbaiki). Kecuali menghubungi admin DHGTK Pusat. Jika  sudah mengunci Daftar  Hadir   maka  jangan lupa  Simpan  dan kemudian refresh.  Setelah   pengaturan selesai dan tersimpan   maka    silahkan   Cetak    SPTJM    denga   cara mengklik CETAK PDF

Login Operator Sekolah atau Petugas Absen Sekolah pada  Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan

Login  Operator   sekolah  pada    dasarnya  sama  dengan  login  Kepala sekolah,  hanya   yang  mebedakan antara  login  Operator atau Petugas  Absen  sekolah mengenai hak Akses “Pembuatan dan Pencetakan SPTJM”. Untuk membuat dan mencetak SPTJM hanya tampil  tampil jika sobat ops login oleh menggunakan username dan password  Kepala sekolah,

Cara Login Operator Sekolah di  Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan

1. Klik  http://223.27.144.195:2017/index.php
2. Tunggu hingga muncul tampilan login sim DHGTK
3. Isi  Ketik NPSN Sekolah anda, Masukan  username
4. Masukan Pasworrd yang sudah di input di dapodik
5. Masukan kode capta sesuai yang tertulis (klik reload capta jika tidak jelas)
6. Kemudian Klik  tombol “LOGIN”

Mengisi/Membuat Kalender Sekolah

Untuk bisa membuat kalender sekolah, kita terlebih dahulu harus mengklik Menu "kehadiran".
Untuk membuat kalender sekolah maka tahapan yang harus di lakukan adalah:
  1. Klik “Kehadiran”
  2. Perhatikan Data Sekolah
  3. Perhatikan Kalender Sekolah
  4. Jika Belum ada kalendernya maka  klik “Tambah Baru”
  5. Setelah klik “tambah  baru” maka  akan muncul form isian membuat kalender.

Membuat Kalender Sekolah :

Kemudian buatlah kalender sekolah sesuai dengan kalender yang digunakan
Perhatikan Form Tambah Kelender
  1. Pilih jenis libur yang diinginkan.
  2. Setelah terisi Jenis Libur, dan  Mulai Tanggal-Sampai Tanggal, maka  tulis Keterangan liburnya.
  3. Tahapan berikutnya    Klik  Simpan  dan  Ok.  
  4. Jika    mau    membuat   kalender    sekolah    lainnya    maka     tahapan pembuatannya sama dengan poin 1-2 di atas
  5. Pada   pembuatan kalender  ada  perintah  Tambah  Baru,  Hapus  Semua, dan  Tampilkan  Template.    Fungsi  dari  masing-masing  tab   tersebut adalah:
  6. Tambah baru  untuk membuat kalender yang baru.
  7. Hapus semua   untuk  menghapus  seluruh kalender  sekolah  yang telah dibuat.
  8. Tampilkan Template itu dibuat oleh Operator  Dinas Prov/Kab/Kota

Kalender ini berfungsi untuk menandai hari kerja dan libur pada absen atau saat mengisi kehadiran

Mengisi Kehadiran

Untuk mengisi kehadiran sebenarnya langkah-langkahnya sangat sederhana :
  1. Klik Menu “Kehadiran”
  2. Langsung menuju  ke informasi kehadiran
  3. Pilih semester yang berjalan
  4. Setelah di pilih maka  tentukan semester yang berjalan. Ada dua istilah dalam semester ini :
  5. Kemudian Pilih Bulan yang berjalan saat ini.
  6. Memilih bulan yang berjalan itu sangat penting karena untuk  menentukan bulan yang  berjalan, dan bisa  di  isi  daftar   hadirnya  dan  tersimpan.  
  7. Setelah menentukan Semester dan  Bulan, selanjutnya kita menuju  ke tab membuat daftar  hadir.
  8. Klik menu  “Buat daftar  hadir”
  9. Setelah  muncul  pemberitahuan  maka    klik  tombol “OK”  dan selanjutnya klik menu  simpan dan refersh. 

Ha ha ha,  (mungkin sobat ops bertanya ...)
Bang admin kok tidak ada gambarnya ?
Gambar sama seperti diatas, kasihan yang baca kuota cepet habis kalau kebayakan load gambar.

Langkah selanjutnya :
  1. Jika dinyatakana hadir maka  lakukan “Chelklist” pada form absen
  2. Jika dinyatakan tidak hadir maka  lakukan “Uncheklist” pada form absen
  3. Dampak  “uncheklist”   warna  yang  tampil akan  berbeda sesuai dengan ketarangan absen GTK yang bersangkutan.
  4. Jika ingin mengetahui rekap absen setiap GTK dan datanya maka  caranya adalah dengan mengklik nama GTK pada  Form Absen.

Cara Mencetak Mengisi Surat Izin  Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan Sebagai Operator Sekolah

Mengisi Surat Izin, langkah mengisi Surat izin/Dinas luar/sakit adalah dengan cara sebagai berikut:
  1. Pilih nama GTK di Form Absen/ Kehadiran
  2. Kemudian pilih menu (input Surat izin)
  3. Maka akan tampil form isian input surat izin
  4. Isilah tabel surat izin sesuai permintaan form
  5. Setelah terisi maka pilih “SIMPAN” dan klik “OK”
  6. Kemudaian lakukan reload web atau tekan F5

Gimana sobat ops sudah Mbelenger bacanya ?

Cara Login Guru dan Tenaga Kependidikan - GTK

Login  GTK berfungsi  untuk  melihat  rekap  kehadiran  masing-masing  GTK, dengan cara  memsaukan “NUPTK”  Llau tekan  “Enter”,
Link  http://223.27.144.195:2017/index.php
Tampilan Informasi kehadiran GTK
Tampilan Informasi kehadiran GTK
Sumber : panduan DHGTK
Berikut ini video tutorial Cara Mengisi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan yang durasinya cukup panjang, download terlebih dahulu agar tidak boros kuotanya.

Alamat Daftar Hadir Alternatif :
ntuk memulai silakan menuju halaman SIM Kehadiran Guru pada http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id 
Jika Bapak/Ibu/Saudara mengalami kesulitan dalam mengakses silakan anda bisa memilih Link alternatif DHGTK terbaru berikut:
Link Alternatif 1
Link Alternatif 2
Link Alternatif 3
Link Alternatif 4
Link Alternatif 5
Semoga tutorial Cara Mengisi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan dapat membantu dan menjawab pertanyaan atas kebingungan sobatops.com
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait