Belajar Microsoft Word

Salam Satu Data,
Assalamu'alaikum waroh matullohi wabarukatuh dan salam sejahtera Bapak atau Ibu Operator Sekolah  di Seluruh Tanah Air indonesia.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang tutorial sederhana tentang Belajar Microsoft Word. Mungkin sobat sudah tahu tentang kegunaan aplikasi ini, sebagai operator sekolah aplikasi ini sangat sering kita gunakan dalam mengerjakan administrasi dan berbagai laporan. Sebagai siswa atau mahasiswa aplikasi ini juga sangat bermanfaat ketika mengerjakan tugas atau laporan. 

Belajar Microsoft Word

Aplikasi Microsoft Word  adalah aplikasi  pengolah kata yang cukup lengkap dan lebih otomatis.  Bahkan  perintah  dan  fungsi  yang  disediakan  oleh  software  ini  menunjang berbagai   keperluan mulai dari pengetikan atau penyusunan naskah biasa, laporan, surat kabar sampai dengan fax.

Aplikasi yang saya gunakan pada tutorial kali ini adalah Microsoft Word 2007, mungkin beda letak posisi dan ikon pada versi - versi terbaru, namun secara garis besar fungsi dan manfaatnya sama.

Cara memulai aplikasi Microsoft Word

Untuk memulai mengungganakan microsoft word langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office
Pilih  Microsoft Office Word 2007.
Muncul Gambar berikut
gambar miscorosft word 2007
gambar miscorosft word 2007

Unsur utama Layar Ms Word.

1. Judul Windows
Pada Baris Judul terdapat tampilan  nama file dan aplikasi Microsoft Word, nama file sebelum dirubah adalah Document1, Document2 dan seterusnya.  Pada bagian pojok atas sebelah kanan terdapat  beberapa tombol  minimize, maximize dan menutup aplikasi microsoft word
2. Office Button  
gambar office button
gambar office button
Office button atau tombol office berada pada bagian sebelah pojok kanan atas  apabila di klik akan tampil sebuh panel  yang berfungsi untuk
  1. Membuat file baru
  2. Membuka file
  3. Menyimpan file
  4. Mencetak
  5. Keluar dari word
Disebelah  kanan  office  button  terdapat  beberapa tombol   yang  digunakan untuk menyimpan, Undo, Redo dan Customize Quick Access Toolbar

3. Customize Quick Access Toolbar
Customize quik access toolbar merupakan fitur yang  digunakan untuk menampilkan button-button yang diinginkan untuk tampil pada taskbar, sebagai contoh jika kita klik button open dan new document, akan muncul button tersebut pada taskbar sebagai tips, tampilkan button yang sering anda gunakan untuk mempercepat pengerjaan.
Menu
Menu pada Ms Word 2007 ditunjukkan pada gambar berikut
gambar Menu pada Ms Word 2007
gambar menu microsoft office 2007
Apabila  menu yang aktif (yang kita Klik) akan memunculkan toolbar dibawahnya. Toolbar yang muncul di setiap menu berbeda-beda
Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program. Sebagai contoh kalo kita klik menu Home, akan muncul toolbar berikut

gambar toolbar pada menu home
gambar toolbar pada menu home
Kursor
Kursor atau Insertion Point merupakan indikator tempat dimana teks akan muncul jika kita  akan  mengetik.  Posisi  ini  perlu  diperhatikan  karena  Ms  Word  menggunakannya sebagai dasar dalam melakukan suatu pekerjaan yang kita perintahkan.
Penggulung Teks
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertical dan horizontal.
Memasukkan Teks
Setelah  mengenal  dasar-dasar  layar  Word,  teks  dapat  langsung  dimasukkan.  Ada beberapa
hal yang perlu diketahui:

  1. Tab digunakan untuk mengidentasi pada baris pertama.
  2. Word secara otomatis akan memulai baris baru sewaktu teks mencapai tepi kanan halaman.
  3. Apabila terjadi kesalahan mengetik tekan Backspace untuk menghapusnya.
  4. Tekan enter untuk menambah baris kosong.
  5. Titik Sisip (kursor) Digunakan untuk memulai memasukkan teks.

Penunjuk  Mouse  bergerak  dilayar  sewaktu  mouse  digerakkan.  Penunjuk  ini tampak dalam bentuk huruf I atau panah.
Memperbaiki Teks
Ketika  suatu  dokumen  dibuat,  seringkali  perlu  memindahkan  titik  sisip  untukmenambah atau menghapus teks di lokasi yang berbeda. Caranya sebagai berikut :
Menggunakan Mouse
Geser pointer mouse yang berbentuk I-beam ke posisi yang anda kehendaki pada area teks dan klik mouse. Jika posisi yang anda tuju tidak tampak, perlu menggulung ke lokasi yang diinginkan, gunakan panah atas dan bawah untuk naik atau turun satu baris. Gunakan panah  double  atas  dan  bawah  (dibawah  toolbar  vertical)  untuk  naik  atau  turun  satu halaman.

Menggunakan Keyboard
Jika anda menggunakan tombol pada numeric keypad, pastikan bahwa NUM LOCK dalam keadaan off. Perhatikan tabel berikut ini.
fungsi tombol pada keyboard pada aplikasi microsoft word
fungsi tombol pada keyboard pada aplikasi microsoft word
Menyimpan Dokumen Pada Microsoft Word 2007
Untuk menyimpan dokumen klik office button kemudian pilih Save atau klik button pada Toolbar. Akan muncul gambar berikut:
meyimpan dokumen pada microsoft word
meyimpan dokumen pada microsoft word
Pilihlah lokasi file (directory) pada bagian Save in:, ketiklah nama file pada bagian File name, kemudian tekan tombol Save. Sebagai latihan berilah nama pada file yang sudah diketik dengan nama Belajar Microsoft Word1.doc

Menutup Dokumen Pada Microsoft Word 2007
Bila  sudah  selesai  mengerjakan  suatu  dokumen  dan  sudah  selesai  menyimpannya,
mungkin perlu menutup dokumen dan setelah itu mengerjakan dokumen lain. Klik office button dan pilih Close.

Membuka Dokumen Pada Microsoft Word 2007
Untuk membuka dokumen klik office button dan pilih Open, Word akan menampilkan dialog box berikut:
Carilah directory dan Folder Yang menampung file yang akan dibuka pada bagian Look in  lalu  klik  file  yang  akan  dibuka kemudian  tekan  button  Open  maka file anda akan ditampilkan  dilayar  Word.  Sebagai  latihan,  bukalah  kembali  file  Belajar Microsoft Word1.doc  yang  sudah dibuat tadi.

Keluar dari  Microsoft Word 2007
Click tombol     yang ada di pojok kanan atas window Word maka aplikasi word akan hilang.

Memulai Pembuatan Naskah
Aktifkan lembar kerja Microsoft Word
Aturlah Margin lembar kerja
Ketiklah naskah yang diinginkan

Cara Mengatur Ukuran Kertas Microsoft Word 2007

1.   Klik Page Layout
Klik Tab Margin
Pilih bentuk margin yang diinginkan
Jika tidak ada ukuran yang cocok, klik di Custom
Margin dan tentukan:

  • Top : Jarak antara sisi atas kertas dengan teks/naskah.
  • Bottom : Jarak antara sisi bawah kertas dengan teks/naskah.
  • Left : Jarak antara sisi kiri kertas dengan sisi kiri naskah.
  • Right : Jarak antara sisi kanan kertas dengan sisi kanan naskah.
  • Gutter : Jarak  spasi  tambahan  pada  margin  kiri  yang  ditujukan sebagai tempat penjilidan.
  • Gutter Position : Letak gutter.
  • Orientation : Pengaturan  arah  cetakan  halaman  dengan  Portrait  (memanjang) dan Landscape (melebar).

Preview  :  Tampilan layar Word.

2.   Paper Size
Klik di SIZE, kemudian tentukan ukuran kertas yang di inginkan.
Jika tidak ada yang sesuai klik di More Paper Size
Contoh : A4, Legal, dll.
Width : Menentukan ukuran lebar kertas.
Height : Menentukan ukuran tinggi kertas.

Cara Penulisan Microsoft Word 2007
Untuk pengetikan huruf besar di awal kata atau kalimat, tekanlah tombol Shift bersamaan dengan tombol huruf awal kata (jika Caps Lock tidak hidup)
Untuk pengetikan naskah dalam huruf besar semua, tekan  tombol Caps Lock.
Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kiri tekan tombol Backspace.
Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kanan tekan tombol Delete.
Untuk menurunkan kursor ke baris berikutnya tekan tombol Enter.
Untuk masuk ke paragraph baru tekan tombol Tab.
Untuk memberikan spasi pada suatu kata atau kalimat tekan tombol Spacing.
Untuk menuju ke awal kalimat teks tekan tombol Home.
Untuk menuju ke akhir kalimat teks tekan tombol End.
Untuk mengaktifkan tombol angka keyboard sebelah kanan tekan tombol Num Lock.

Cara Mengatur rata Teks Microsoft Word 2007
Untuk meratakan teks, pilih salah satu bentuk perataan yang diinginkan:  
Align Left (Ctrl + L)   :  Perataan teks sebelah kiri.
Atau kita bisa mengatur format teks dari icon Toolbar Formatting.

Cara Mengedit Teks Pada Microsoft Word 2007

Membuat Block Pada Teks Microsoft Word 2007
Menggunakan Keyboard, tempatkan kursor pada awal kata / kalimat yang akan diblock. Tekan tombol Shift sambil menekan tanda panah  ke awal kata / kalimat.

Atau bisa menggunakan Mouse Microsoft Word 2007
Klik kiri tanpa dilepas (drag ) pada awal kata / kalimat yang akan diblock Seret penunjuk mouse hingga ke akhir kata / kalimat yang akan diblock, Lepas klik mouse tersebut. Untuk  menghilangkan  tanda  block  di  teks  klik  di  sembarang  tempat  dalam  jendela dokumen.

Mengcopy Kata / Kalimat Microsoft Word 2007
Block kata / kalimat yang akan di-copy, Klik icon copy atau dengan tombol Ctrl + C, Letakkan kursor pada tempat yang akan diletakkan hasil copy-an, Klik icon  paste  atau dengan tombol Ctrl + V C.

Memindahkan Kata / Kalimat.  Microsoft Word 2007
Block kata / kalimat yang akan dipindahkan
klik klik icon gunting  atau dengan tombol Ctrl + X
Letakkan kursor pada tempat yang ingin dipindahkan.
Klik icon  atau dengan tombol Ctrl + V D.  Membatalkan Perintah
Apabila  dalam  pengetikan  tidak  sengaja  melakukan  kesalahan,  baik  dalam  pengeditan, pemformatan dan lain sebagainya maka gunakan:
Perintah Undo (Ctrl + Z)      :  Membatalkan pengeditan.
Perintah Redo (Ctrl + Y)    :  Membatalkan pembatalan pengeditan

Change Case Microsoft Word 2007
Blok kalimat / kata yang ingin dirubah format hurufnya.
Klik menu Home – Change Case
Sentence case  : Mengubah kalimat pada teks dengan diawali huruf besar.
lowercase  : Mengubah kata atau kalimat dengan huruf kecil.
UPPERCASE  : Mengubah kata atau kalimat dengan huruf besar.
Title Case : Mengubah setiap awal kata dengan huruf besar.
tONGLE cASE    : Mengubah setiap awal kata dengan huruf kecil

Fasilitas  Find, Replace, and Go To Microsoft Word 2007
Find (Mencari) Microsoft Word 2007
Klik icon   atau tekan tombol Ctrl + F o Ketik kata yang akan dicari di kotak Find What o Klik Find Next untuk mencari
Tutup jendela tampilan ( X ) Find and Replace

Replace (Mengganti) Microsoft Word 2007
Klik icon   atau tekan tombol Ctrl + H
Ketik kata yang ada pada dokumen yang ingin diganti di kotak Find What
Ketik kata pengganti di kotak Replace With
Klik Replace All (Untuk mengganti semua kata) atau Replace (untuk mengganti satu kata saja)
Tutup jendela tampilan Find and Replace

Go To (Menuju Ke Halaman Tertentu) Microsoft Word 2007
Klik icon   atau tekan tombol Ctrl + G
Ketik angka atau nomor halaman yang dituju pada Enter Page Number.
Lalu klik Next

Cara Memformat Naskah Pada Microsoft Word 2007

Mengatur Paragraf dan Spasi

  1. Klik icon Paragraph
  2. Klik Indent and Spacing
  3. Pada Spacing tentukan berapa spasi yang diinginkan
  4. Klik Ok.

Atau dengan cara lain :
Blok kalimat yang ingin diatur paragrafnya
Tekan tombol kombinasi:

  • Untuk 1 spasi tekan Ctrl + 1      (Single)
  • Untuk 1½ spasi tekan Ctrl + 5   (1,5 lines)
  • Untuk 2 spasi tekan Ctrl + 2      (Double)

Bullets and Numbering Microsoft Word 2007

Bullets Microsoft Word 2007

Bullets Microsoft Word 2007
Bullets Microsoft Word 2007
Blok atau tandai bagian naskah yang ingin dibuat Bullets.
Klik  tab Home   klik icon
Untuk  memilih  jenis  bullet  klik  tanda  panak  ke  bawah,  klik  bullet  yang  anda harapkan.
Selain itu juga bisa memilih alternatif Bulleted yang lain dengan mengklik Define
New Bullet.
Klik Character, lalu pilih jenis Bulleted yang Anda inginkan.
Klik OK


Numbered Microsoft Word 2007

Numbered Microsoft Word 2007
Numbered Microsoft Word 2007
Blok atau tandai bagian naskah yang ingin dibuat numbered.
Klik  tab Home   klik icon
Untuk memilih jenis bullet klik tanda panak ke bawah, klik bullet yang anda harapkan.
Selain itu juga bisa memilih alternatif Bulleted yang lain dengan mengklik Define New Bullet.
Klik Character, lalu pilih jenis Bulleted yang Anda inginkan.
Klik OK




Belajar Microsoft Word Borders and Shading  Microsoft Word 2007

Untuk mengatur bordesr dan shading Dari tab Page Layout  Klik icon
Page Border :  Membuat garis bingkai halaman
Setting :  Memilih bentuk bingkai halaman.
Style :  Memilih bentuk garis bingkai halaman.
Color :  Memilih warna garis bingkai halaman.
Width  :  Memilih ketebalan garis bingkai halaman.
Art  : Memilih jenis bingkai halaman.
Options : Memberikan pilihan pada jarak bingkai.
Klik OK

Mengatur Columns Microsoft Word 2007

Klik tab Page Layout
Klik icon Columns
Tentukan jumlah kolom yang kalian inginkan
Jika tidak ada yang sesuai klik di More Coloums, kemudian tentukan jumlah kolom.
Number of columns  : Menentukan jumlah kolom.
Width : Menentukan lebar kolom
Preview : Melihat tampilan sementara
Klik OK

Mengatur Drop Cap Microsoft Word 2007

Klik tab insert
Klik di Icon Drop Cap
Pilih Dropped atau In Margin
Seandainya bentuknya tidak sesuai klik di Drop Cap Options
Tentukan pengaturannya :
Position   :  Pilih letak teks yang diinginkan.
Font     :  Pilih jenis huruf.
Lines to drop   :  Tentukan jumlah baris tinggi drop cap.
Distance from text  :  Memodifikasi jarak drop cap dengan teks
Klik OK

Cara Memberi Halaman pada Microsoft Word 2007

Klik tab Insert
Klik icon Page Number
Klik tanda panah kebawah dan tentukan posisi number
Jika tidak ada yang sesuai, klik di Format Page Number
Format :  Memodifikasikan format nomor halaman.
Number format  :  Memilih format nomor halaman.
Page numbering :  Mengatur urutan nomor halaman.
Continue from previous section   :   Penomoran halaman secara berurutan mulai dari awal hingga akhir.
Start At :  Pengaturan nomor halaman awal

Cara Membuat Header dan Footer Microsoft Word 2007

Klik di icon Header atau Footer
Klik tanda panah ke bawah dan tentukan posisi Header
Isikan catatan atas pada kolom Header dan catatan bawah pada kolom Footer
Klik Close

Membuat Teks WordArt Microsoft Word 2007

Klik di icon WrdArt
Klik tanda panah kebawah dan pilih disain WordArt.
Edit WordArt Text: Ketik teks pada kotak teks.
Font       :  Memilih jenis huruf.
Size        :  Memilih ukuran huruf.
(Bold) :  Teks WordArt cetak tebal.
(Italic)  :  teks WordArt cetak miring
Klik Ok

Menyisip Gambar Microsoft Word 2007

Klik icon ClipArt
Pada pane tugas Insert ClipArt, klik Clip Organizer dan pilih gambar yang ada.
Klik perintah Copy dan tutup jendela Microsoft Clip Organizer
Klik perintah Paste
Memasukkan gambar dari File
Klik Icon Picture
Pilih file gambar yang ada – Klik tombol Insert

Cara Membuat Tabel Microsoft Word 2007 

Klik tab Insert
Klik icon Table
Klik tanda panah kebawah dan tentukan jumlah baris dan kolom yang dibutuhkan.
Jika tidak ada bentuk kolom yang sesuai, klik Insert Table
Table size :  Ukuran table.
Number of columns  :  Tentukan jumlah kolom.
Number of rows : Tentukan jumlah baris
AutoFit behavior  :  Pengepasan tabel otomatis.
AutoFormat   :  Memilih bentuk format tabel.
OK

Fasilitas Pengolahan Tabel Microsoft Word 2007

Untk pengolahan dan editing tabel pada Belajar Microsoft Word 2007Dari menu Table, pilih:
Draw Table :  Menggambar kotak tabel.
Insert :  Menyisip tabel, kolom, baris atau sel.
Delete :  Menghapus tabel, kolom, baris atau sel.
Select :  Memilih tabel, kolom, baris atau sel.
Merge Cells :  Menggabungkan sel.
Split Cells :  Membagi sel.
Split Table :  Membagi tabel.
Table AutoFormat :  Memilih format tabel.
Auto Fit :  Mengepas kolom / baris otomatis.
Heading Rows Repeat : Mengulangi judul tabel ke tabel halaman  berikutnya.
Convert :  Mengubah jenis penulisan teks menjadi tabel atau sebaliknya.
Sort         :  Mengurutkan data tabel.
Formula :  Operasi perhitungan data tabel.
Hide Gridlines :  Menyembunyikan garis bantu tabel.
Table Properties :  Memodifikasikan tabel, kolom, baris atau sel

Cara Menggunakan Formula Microsoft Word 2007

Letakkan kursor pada sel yang akan diisi rumus
Klik tab Layout
Klik di icon Formula
Isikan kotak Formula dengan

  • Product(Left) → Untuk mengalikan semua bilangan yang ada sebelah kiri
  • roduct(Right) → Untuk mengalikan semua bilangan yang ada sebelah kanan
  • Product(Above) → Untuk mengalikan semua bilangan yang ada diatasnya
  • Sum(Left) → Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada sebelah kiri
  • Sum(Right) → Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada sebelah kanan
  • Sum(Above) →  Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada atasnya

Klik OK

Cara Menggunakan Drawing pada Microsoft Word 2007

Fitur drawing sangat berguna pada Microsoft Word 2007 dengan fitur ini sebuah laporan akan lebih terlihat bagus dengan ditambah media visual dari fasilitas drawing.

Cara Menggunakan AutoShapes Microsoft Word 2007

UNtuk membuat AutoShape lankah-langkhanya adalah sebagai berikut :
Klik tab Insert   Klik icon Shapes
Klik tanda panah kebawah
Pilih bentuk yang diinginkan
Letakkan penunjuk mouse diawal gambar
lalu drag (seret) sesuai dengan keinginan, lalu lepas drag-nya.

Cara Memasukkan Teks pada AutoShape Microsoft Word 2007

Klik gambar AutoShape yang ingin diisi teks di dalamnya
Klik icon Text Box  
Klik pointer pada gambar AutoShape yang ingin diisi tulisan di dalamnya
Ketikkan Teks yang diinginkan dalam kotak tersebut

Atau dapat dilakukan dengan cara :
Klik kanan gambar AutoShape yang ingin diisi teks di dalamnya
Klik Add Text
Ketikkan Teks yang diinginkan dalam kotak tersebut

Membuat Typesetting Matematis Microsoft Word 2007

Membuat Rumus pada Microsoft Word 2007

Klik tab Insert   Klik icon Equation
Klik tanda panah kebawah dan pilih jenis Equation yang anda inginkan
Jika tidak ada yang cocok klik di Insert New Equation
Ketik Equation yang anda inginkan
Jika telah selesai klik sembarang tempat dalam lembaran kerja

Cara membuat Subscript (Pangkat bawah)  dan Superscript (Pangkat Atas) Microsoft Word 2007

Blok huruf atau kalimat yang akan dijadikan subscript atau superscript
Klik tab Insert  klik icon Subscript atau Superscript
Dapat juga dengan mtekan tombol kombinasi:
Ctrl + =   ntuk subscript / huruf agak kecil dan kebawah sedikit)
Ctrl + Shift + =  untuk superscript / huruf agak kecil dan sedikit ke atas)

Cara Mencetak Microsoft Word 2007 atau Print Out Microsoft Word 2007

Untuk mencetak sebuah dokumen dari miscrosoft word 2007 cara cukup mudah dan sederhana, instal terlebih dahulu printer sebelum melakakun pencetakan :
Langkah yang dilakukan untuk mencetak dokumen adalah :
Klik icon Office Button
Pilih Print Atau tekan tombol alternatif Ctrl + P di keyboard
Tentukan jenis printer pada kotak Printer Name
Pada kotak Page range :
All : Untuk mencetak semua lembaran pada file tersebut
Current page : Mencetak hanya pada halaman dimana kursor itu diletakkan
Pages : Mengisi halaman dokumen yang akan dicetak
Number of Copies →    Untuk mencetak dokumen berapa rangkap halaman yang akan di print
Properties → Untuk mengatur setup mencetak
Klik Ok
Baca panduan Cara Membuat Daftar Dsi dengan benar 
Semoga tutorial Belajar Microsoft Word dapat bermanfaat, dapatkan informasi dan tutorial terbaru dari Blog Operaor Sekolah dengan cara berlangganan via email pada layanan newsletter.
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait