Cara Membuat Spreadsheet

Berikut ini merupakan tip atau tutorial Cara Membuat Spreadsheet, yang mungkin Anda butuhkan. Untuk membuat spreadsheet, Anda harus menginstal program spreadsheet di komputer Anda yang mampu membuat spreadsheet atau menggunakan layanan online yang mampu membuat spreadsheet.

Catatan: Meskipun beberapa komputer mungkin datang dengan versi uji coba Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk waktu terbatas untuk membuat spreadsheet, hampir semua komputer Windows tidak menyertakan program spreadsheet. Satu-satunya pengecualian adalah Microsoft Surface dengan Windows RT, yang tidak lagi tersedia. Ada juga banyak versi Linux yang menyertakan LibreOffice.

Tip: Jika Anda sudah berada di lembar kerja (buku kerja) dan ingin membuat tab lembar baru dalam buku kerja, lihat cara membuat, menghapus, mengganti nama, dan memindahkan lembar kerja di halaman Excel.

Program spreadsheet yang paling umum dan banyak digunakan adalah Microsoft Excel. Namun, karena semua kebutuhan pengguna yang berbeda saat ini, kami telah menyertakan opsi tambahan yang tersedia untuk membuat spreadsheet.
  1. Cara Membuat spreadsheet dengan Google Spreadsheet
  2. Cara Membuat spreadsheet dengan Microsoft Excel
  3. Cara Membuat spreadsheet dengan LibreOffice dan OpenOffice
  4. Cara Membuat spreadsheet dengan Google Spreadsheet

SheetsGoogle Sheets adalah salah satu solusi favorit kami untuk sebagian besar pengguna, terutama pengguna komputer baru, karena gratis, mudah diakses, mendukung pengeditan kolaboratif, dapat membuka file spreadsheet lain, dan dapat diakses dari perangkat apa pun. Untuk menggunakan Google Spreadsheet, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Kunjungi https://docs.google.com/spreadsheets/
Jika diminta, masuk ke akun Google Anda.
Klik tanda hijau plus untuk memulai spreadsheet kosong baru atau pilih dari salah satu templat yang sudah dibuat sebelumnya.

Setelah membuat dan membuka spreadsheet baru, informasi apa pun dapat ditambahkan. Saat Anda terus bekerja, Google secara otomatis menyimpan semua perubahan. Untuk menamai spreadsheet, klik "Spreadsheet tanpa judul" di sudut kiri atas dan masukkan nama baru. Anda juga dapat mengeklik tombol bagikan di sudut kanan atas untuk membagikan spreadsheet agar berfungsi secara kolaboratif.
Cara Membuat Spreadsheet
Cara Membuat Spreadsheet

Membuat spreadsheet dengan Microsoft Excel
Untuk menggunakan Microsoft Excel untuk membuat spreadsheet, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Buka Excel di Windows
Buka Microsoft Excel. Jika Anda tidak yakin cara membuka atau menemukan Excel, lompat ke bagian menemukan Microsoft Excel.
Setelah Excel terbuka, informasi dan formula baru dapat dimasukkan.
Setelah selesai atau saat mengerjakan spreadsheet, Anda dapat Menyimpan pekerjaan Anda melalui tab File ke tujuan pilihan Anda.
Bagaimana menemukan Microsoft Excel di Windows

Di Windows, klik tombol Mulai.
Di kotak pencarian, ketik excel. Jika Excel diinstal pada komputer, itu akan ditampilkan dalam hasil pencarian. Misalnya, Anda mungkin melihat Microsoft Excel 2010, Microsoft Excel 2013, atau Microsoft Excel 365.
Tip: Di Windows 10, kotak pencarian ada di Taskbar di sebelah tombol Mulai. Di Windows 8, mulailah mengetik excel di halaman Start dan hasil pencarian akan ditampilkan di sisi kanan layar.

Cara menginstal Microsoft Excel

Jika Excel tidak diinstal, itu harus diinstal pada komputer. Hari ini, versi Excel terbaru disertakan di Office 365 dan memerlukan langganan. Anda dapat mengunduh Office 365, yang mencakup Excel, Word, dan aplikasi Office lainnya, dari https://www.office.com/.

Tip: Jika Anda pernah membeli Office atau Excel di masa lalu, versi Office yang lebih lama juga dapat diinstal pada komputer yang lebih baru, bahkan yang menjalankan Windows 8 atau Windows 10. Anda harus memiliki cakram instalasi untuk menginstal Office atau Excel lagi.

Buat spreadsheet dengan LibreOffice dan OpenOffice
OpenOfficeLibreOffice dan OpenOffice Calc adalah produk gratis hebat lainnya yang memungkinkan siapa pun untuk membuat spreadsheet di komputer mereka dan bahkan dapat mendukung sebagian besar fitur di Excel. Di bawah ini adalah langkah-langkah tentang cara menjalankan LibreOffice dan OpenOffice di Windows.

Buka LibreOffice dan OpenOffice di Windows
Di Windows, klik tombol Mulai
Di kotak pencarian, ketik calc. Jika LibreOffice atau OpenOffice diinstal, baik LibreOffice Calc atau OpenOffice Calc ditampilkan dalam hasil pencarian.
Tip: Di Windows 10, kotak pencarian ada di bilah tugas di sebelah tombol Mulai. Di Windows 8, mulailah mengetik calc di layar Start dan hasil pencarian ditampilkan di sisi kanan layar.

Cara menginstal LibreOffice atau OpenOffice

LibreOffice dapat diunduh dari https://www.libreoffice.org/ dan OpenOffice dapat diunduh dari https://www.openoffice.org/.

Setelah salah satu dari program ini telah diinstal di komputer, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk membuat spreadsheet.
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait