Cara Menawarkan Menu di Restoran
Bagi kalian yang baru bekerja di restoran dan masih dalam
tahap belajar dan khususnya atau bekerja di bagian pelayanan atau waiter.
Ada baiknya kalian perlu belajar tentang
Cara Menawarkan Menu di Restoran atau
TAKING ORDER ( Menerima pesanan pelanggan). Sebenarnya cara ini sangat mudah
dipejari, namun perlu adanya pembiasaan dalam keseharian untuk menghilangkan
rasa gugup ata nervest.
Mungkin bagi kalian yang pernah belajar atau sekolah di SMK
(Sekolah Menengah Kejurusan) diperhotelan atau bagian lain, sudah pernah
mempelajari Cara Menawarkan Menu di Restoran. Ada etika yang harus dipelajari
tetang hal tersebut. Apabila tertarik ingin mempelajari tentang TAKING ORDER (
Menerima pesanan pelanggan) kalian harus membaca artikel ini sampai selesai.
Cara Menawarkan Menu di Restoran
Cara Menawarkan Menu di Restoran |
Apa itu taking order ?
Menerima dan mencatat orderan dari pelanggan atau yang atau
yang dikenal dengan Taking Order merupakan suatu hal penting yang penting yang
harus dikuasai oleh pelayan. Agar seorang waiter berhasil dalam taking order
membutuhkan pengetahuan dan skill khusus para, mereka harus santun dan sopan
dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Mereka
juga dituntung menguasai semua isi dari daftar menu yang dijual baik yang
sedang dipromosikan maupun menu yang diandalkan.
Apa tujuan Taking Order ?
Agar dapat berhasil Menawarkan Menu di Restoran ada beberapa
hal yang harus diketahui apa tujuan dari taking order:
1. Memberikan
informasi yang akurat mengenai menu di restoran.
2. Meningkatkan
nilai penjualan.
3. Meningkatkan
profit/keuntungan.
Nah, ada syarat atau criteria yang harus seorang pelayan
atau Order taker:
- Bisa berkomunikasi dengan baik.
- Memiliki pengetahuan tentang produk yang dijual.
- Menguasai teknik menjual.
- Menguasai teknik pencatatan pesanan.
- Memiliki daya ingat ( memory) yang baik.
Bagaimana cara Taking Order yang baik ?
Untuk bisa taking
order yang baik, selain kemampuan berkomunikasi dan pengetahuan tentang menu,
perlu dipahami pula teknik taking order sebagai berikut :
- Antarkan pelanggan ke meja yang sudah siap digunakan, pilihkan tempat duduk sesuai jumlah pelanggan. Tarikan kursi dan persilahkan tamu duduk, utamakan wanita, anak-anak, orang tua.
- Apabila tamu sudah duduk, berikanlah buku menu dengan tangan kanan. Ingat , tatap mata dengan pelanggan, senyum dan sapalah dengan ramah.
- Berikan kesempatan untuk melihat isi menu sebelum anda menawarkan menu kepada pelanggan. Gunakan ibu jari atau telapak tangan terbuka, jangan gunakan telunjuk agar mengesankan kesopanan.
- Berikan saran untuk menu yang ukuran lebih besar, lebih lengkap atau menu yang saat ini di promosikan. Lakukan dengan sopan agar tidak berkesan memaksa.
- Ingat ! jangan menyarankan apabila pelanggan sudah mengatakan cukup.
- Segera catat pesanan pelanggan dengan teliti dan jelas terutama untuk pesanan khusus. Ingat! gunakan penulisan yang umum dan mudah dimengerti.
- Sebelum meninggalkan pelanggan ulangilah pesanan pelanggan agar tidak ada yang salah tulis atau terlupakan.
- Ucapkan terimakasih untuk mengakhiri Taking Order dan persilahkan untuk menunggu.
Apa yang harus di sampaikan kepada pelanggan ?
Setiap anda taking order, perlu disampaikan beberapa hal
yang bisa menimbulkan ketidak puasan pelanggan/complain pelanggan. Antara lain
:
1. Selain sop
ikan, restoran juga menyediakan menu lain seperti sop ikan asam pedas, kepala
ikan asam pedas, tumisan dan gorengan. Yang perlu disampaikan kepada pelanggan
adalah bahwa setiap menu membutuhkan waktu pemasakan yang berbeda, jadi
sampaikan apabila pesanan pelanggan prosesnya agak lama untuk menghindari
pelanggan merasa tidak di utamakan. Namun tetap sampaikan dengan bahasa yang
baik agar tidak menyinggung pelanggan.
2. Apabila ada
menu yang tidak bisa disediakan karena stok habis atau karena hal lain maka
hampiri pelanggan dan sampaikan dengan sopan, tawarkan menu penganti lain
sebagai solusi. Misalnya kangkung dig anti dengan toge, atau lumpia diganti
dengan ikan goreng, dll.
Bagaiman cara menulis pesanan ?
Pada saat menuliskan pesanan pelanggan anda perlu
memperhatikan kejelasan dan ketepatan karena hasil pencatatan akan berhubungan
dengan peoses pemasakan di dapur, proses pembuatan minuman di bartender dan
pembayaran di kasir. Untuk itu penting diperhatikan beberapa hal :
- Jangan mengunakan istilah baru yang tidak di kenali orang lain untuk menghindari salah penafsiran.
- Tulislah dengan jelas sehingga mudah di baca, terutama untuk pesanan khusus.
- Pertebalkan tulisan dibon lembar terakhir dan perjelas lagi bila di perlukan.
- Isilah kolom nama setiap anda taking order. Kolom Jumlah pelanggan dan kolom tanggal.
- Serahkan bon sesuai warna yang sudah ditentukan :
- Lembar 1 ( putih ) ke kasir
- Lembar 2 ( merah ) ke kasir
- Lembar 3 ( kuning ) ke dapur & bartender.
Itulah beberapa hal yang perlu kalian kuasai jika kalian bekerja sebagai pelayan disebuah restauran ketika Menawarkan Menu di Restoran.