Peran Lingkungan dan Alam Sekitar Sebagai Media Pembelajaran

Peran Lingkungan dan Alam Sekitar Sebagai Media Pembelajaran 

Bagaimana cara meningkatkan  daya tarik mata pelajaran IPA kepada siswa dalam dunia nyata?

Meningkatkan Daya Tarik Mata Pelajaran IPA
Bahwa kelemahan guru IPA saat ini dalah kurang mampu membawa materi pelajaran kepada dunia nyata yang dihadapi anak sehari-hari. Guru hanya berdiri di depan kelas dengna hanya sebatang kapur untuk menjelaskan suatu proses ataupun fenomena alam yang kompleks. Mudah tersenyum, ramah terhadap setiap anak didik dan menunjukkan bahwa ia siap mengajar merupakan hal penting karena penampilan guru  akan mempengaruhi kesiapan anak didik menerima pelajaran
Gambar Pemanfaatan Lingkungan Alam

Peran Lingkungan dan Alam Sekitar Sebagai Media Pembelajaran
a. Peran sekolah dalam memanfaatkan lingkungan dan  alam sekitar
Berbagai kegiatan bisa diciptakan  oleh guru dan  sekolah untuk memanfaatkan  alam lingkungan. Pada watu liburan sekolah misalnya, guru bisa membawa siswa ke pegunungan atau pantai  untuk memperkenalkan alam dan lingkungan hidup secara lansung. Kegembiraan yang diperoleh sambil belajar merupakan cara yang efektif untuk mempelajari bahyak hal.
Selain berfungsi sebagai  media bagi siswa,  ternyata masih  banyak lagi manfaat lain  dari alam yang tak kalah pentingnya bagi perkembangan  kejiwaan mereka. Cobalah perhatikan ketika seorang siswa dalam empati dan kasih saying dalam dirinya terhadap mahluk hidup lain. Dengan demikian  tentunya lebih  mudah mendidik mereka untuk belajar menyayangi sesame manusia kelak.  Kemampuan memelihara taman juga  bisa menumbuhkan  kelembutan  dalam jiwa mereka.

b. Kiat Memanfaatkan Alam Bagi Siswa Sekolah Dasar
Ketika guru ingin memanfaatkan  dan mengembangkan  potensi  lingkungan alam maka ada baiknya mempertimbangkan  berbagai hal  berikut :
1. Pilihlah lingkungan alam yang mampu mengembangkan kemampuan dan ketrampilan  fisik siswa.
2. Lingkungan yang dimanfaatkan untuk belajar diusahakan  lingkungan yang baru dan  berbeda dengan lingkungan kelas dan sekolah sehingga siswa belajar menyesuikan diri dengan lingkungan siswa.
3. Ciptakan suasan sedemikian rupa agar siswa merasakan  peran-peran sosial yang baru.
4. Lingkungan alam diharapkan juga bida mengembangkan ketrampilan dasar membaca, menulis dan menghitung dengan pengarahan dari guru.
5. Suasana lingkungan dapat dimanfaatkan untuk pengembangan hati nurani siswa melalui pengalaman dengan mahluk hidup yang ada didalamnya.
6. Permainan dan suasana belajar diberikan  kepada siswa diharapkan  bisa meningkatkan  kerja sama kelompok dan kemampuan  mereka dalam memimpin
7. Usahakan  lingkungan alam  yang dimanfaatkan  bisa mengembangkan  daya kreativitas, imajinasi siswa,  pengembangan kemampuan motorik, emosi, sosial, kognitif dan bahasa.

Lingkungan alam tidak hanya berfungsi untuk mengembangkan kemampuan fisik saja. Lingkungan alam juga dapa dimanfaatkan  untuk mengembangkan  kemampuan kognitif siswa. Berbagai tumbuhan, tingkat suhu udara, gejalam alam, tata letak bangunan disekitarnya, merupakan   materi yang bisa diajarkan tentang memecahkan  berbagai masalah, diajakberfikir logis dengan  memanfaatkan  lingkungan alam  yang dihadapi, mengasah imajinasi, kreatifitas dan rasa ingin tahu mereka. Dengan cara demikian guru bisa membantu mengembangkan  sekaligus membina bakat dan potensi dalam diri setiap siswa.

Baca Artikel Alat Peraga Edukatif

c. Lingkungan Alam sebagai Tempat Belajar Sambil Bermain
Guru dalam hal ini dituntut mampu memilih dan memberikan  cara yang tepat bagi mereka untuk mengatasi berbagai permasalahan dan menguasai ilmu pengetahuan. Salah satu cara yang efektif dalam mengajarkan sesuatu pada siswa adalah dengan  melalui kegiatan sambil bermain di alam bebas. Dibandingkan dengan   hanya di kelas saja belajar sambil bermain  di alam bebas bbisa memberikan  beberapa manfaat. Dengan belajar sambil bermain  di lingkungan yang bebas dari batas dinding kelas bisa menyebabkan  daya piker dan emosi anak terangsang, serta terjadinya perkembangan sosial dan  perkembangan fisik lebih baik.
Mengapa anak perlu berlajar sambil bermain di lingkungan terbuka ? lingkungan akan memberikan siswa berbagai  kebebasan bergerak dan menyalurkan kreativitas. Lingkungan alam bisa memberikan inspirasi yang tidak terduga.  Bermain akan  memberi peluang kepada anak untuk berkarya, melakukan  dan menciptakan  sesuatu  dari permainan itu dengan tenaganya sendiri. Dengan demikian jika siswa belajar sambil bermain  dilingkungan alam akan menghasilkan suatu sinergi potensi luar biasa yang mampu menciptakan  kegiatan belajar. siswa akan mampu menyerap ilmu pengetahuan, latihan fisik, kegembiraan,  sosialisasi dan mengenal lingkungan sekitarnya secara bersamaan


Pemanfaatan Lingkungan sebagai Media Pembelajaran
Dengan memanfaatkan lingkungan sebagai  media pembelajaran  diharapkan  siswa akan mempu mengembangkan serta  melestarikan  sumber daya alam,  meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kebudayaan  daerah. Semua itu  diharapkan  akan dapat memacu pembangunan daerah sesuai dengan karakteristiknya,  dan selanjutnya menunjang kemajuan  pembangunan daerah sesuai dengan karakteristiknya dan selanjutnya menunjang kemajuang pembangunan nasional.

Lingkungan apa saja yang bisa dijadikan  media belajar siswa ?
Lingkungan di dalam kelas misalnya bisa dirancang semenarik mungkin dengna  gambar warna, bentuk dan tulisan dengan tema-tema yang memenuhi rasa etika humir dan konsep yang jelas. Pengaturan kursi, lemari dan  papan tulis harus memberikan  ruang gerak yang cukup leluasa.
Di samping itu  juga letak dan besar jendela, sinal lampu dari luar, diupayakan sedemikian rupa hingga memenuhi standar kesehatan. Namun liungkungan kelas seperti itu adalah salah satu dari lingkungan  yang didiami oleh siswa. Lingkungan lain yang penting dalam memicu pertumbuhan  intelektual dan emosional mereka adalah lingkungan keluarga dan masyarakat.
Keluarga disebut banyak ahli sebagai lingkungan belajar yang pertama karena setiap individu berasal dari keluarga dan menghabiskan masa-masa pertama hidupnya dikeluarga. Disaat-saat itu  lingkungan keluarga menjadi sangat penting bagi setiap individu. Pada saat inilah individu membangun kepribadiannya, pembentukan cara berfikir, merasa,  dan berprilaku sesuai

Apa yang bisa dijadikan media belajar siswa dari lingkungan kita ?
Sebelum memilih  lingkungan  untuk media belajar siswa anda  maka ada baiknya mempehatikan  bebreapa hal :
1. Lingkungan yang dipilih adalah lingkungan yang tidak membahayakan kesehatan siswa. Jangan membaca siswa misalnya ketempat pembunagan sampah yang membuat sesak jika gutu ingin menerangkan  dampak sampah terhadap lingkungan hidup manusia.
2. Perhatikan masalah keamanan yang akan digunakan  dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab yaitu dengan tidak membawa siswa dilingkungan yang rawan kejahatan.
3. Pemilihan lingkungan perlu disesuaikan  dengan tingkat pendidikan  dan usia siswa.
4. Pemilihan lingkungan  bukanlah berdasarkan  pilihan atau  kesukaan kita sebagai guru tetapi berdasarkan tujuan  belajar dan karakteristik siswa.
5. Sebaiknya mencari alternative lain apabila lingkungan  yang diperlukan  pelajaran membutuhkan biaya mahal.

Lingkungan kelas sangat berbeda dengan lingkungan lainnya karena lingkungan  kelas dibatasi oleh empat sisi dinding. Ini mengakibatkan perhatian siswa hanya menunuju kepada pelajharan dan prilaku gurunya. Oleh karena itu guru harus bisa memberikan  berbagai pelajaran yang berikaitan  dengan dirinya sebagai seorang guru yang professional disamping pelajaran yang  diberikannya.

Baca Juga Artikel Permainan Bulan dan Bintang

Beberapa sarana yang dapat dimanfaatkan  sebagai media pelajaran:
1. Taman
Taman merukan  lingkungan yang baik bagi  untuk belajar dan mempelajari sesuatu. Taman yang biasanya dirancang sebagai tempat bermain yang bisa menumbuhkan berbagai inovasi. Taman bisa dimanfaatkan sebagai tempat belajar, tempat mendengarkan guru mengajar dan mengerjakan PR sebagai pengganti atau selingan tempat belajar dikelas. Hal ini menghilangkan rasa jenuh, pasif dan membosankan pada siswa.
Pengembangan taman sebagai medium lingkungan proses belajar mengajar bisa memberikan  berbagai manfaat diantaranya :
a. Menanamkan sikap pandangan dan  sikap positif terhadap setiap taman  sebagai lingkungan yang digunakan untuk  kepentingan belajar.
b. Mengurangi biaya pendidikan
c. Mengubah sikap dan prilaku guru  untuk mencintai lingkungan
d. Mendorong munculnya inovasi dan kreativitas guru dalam menciptakan  dan mengembangkan iklim pendidikan yang  kondusif di lingkungan tempat belajar siswa.
Agar lingkungan taman  bisa lebih efektif dalam meningkatkan proses belajar mengajar maka perlu diperhatikan  beberapa hal berikut :
a. Pilihlah lingkungan  taman yang memiliki lapangan yang luas agar siswa leluasa  bergerak
b. Pergunakan kegiatan bermain  dan alat permainan edukatif untuk mempermudah belajar siswa.
c. Belajar  dikelas tanpa variasi  dan alternative menyebabkan  timbulnya  banyak anggapan  bahwa pendidikan hanyalah upaya menimbun pengetahuan pada siswa secara ferbal.
d. Guru bisa mengembangkan aspek sosial siswa  sehingga mereka dapat melakukan adaptasi dengan lingkungan sosialnya serta mampu menajdi anggota masyarakat yang berguna.

2. Pemanfaatan Tanah Liat
Tanah liat merupakan  salah satu hasil pelapukan dan pengendapan batu-batuan dari sisa-sisa jasat mahluk hidup yang berlansung selama jutaan tahun. Sejak jaman dahuku tanah liat digunakan manusia untuk membuat berbagai benda melalui proses pembakaran. Namun tanah liat tidak hanya bisa dimanfaatkan  dan dinikmati oleh para seniman. Tanah liat juga digunakan sekolah sebagai media untuk menuangkan ekspresi dan mangasah jiwa seni siswa.

3. Air
Air ada dimana-mana karena air adalah bagani dari kehidupan  kita. Air juga disebut sumber kehidupan. Tanpa air tentusaja mahluk hidup seperti kita tidak bisa hidup. Air adalah suatu jat yang dapat mengalir dengan mudah. Air yang didinginkan akan berubah menjadi es, bila dipanaskan akan berubah

4. Pengujian tanah
Kita bisa jelaskan pada siswa bahwa tanah terbentuk karena  pengaruh cuaca dibebatuan  pada permukaan bumi. Tanah dapat berupa batu kerikil, kapur, pasir kapur ataupun tanah liat. Tanah juga mengandung bakteri atau hewan-hewan kecil , air dan udara. Kita bisa memberikan penjelasan  tentang bahan penyusunan  tanah tersebut kepada siswa dengan cara melakukan percobaan

Simak video pemanfaatan lingkungan alam sebagai media belajar
Video Lingkungan Alam Sebagai Media Belajar

Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait